Friday, May 5, 2017

5 Aplikasi Yang Membuat Smarthphone Lelet !

Banyak hal yang bisa dilakukan melalui smartphone. Tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi saja, kini smartphone merupakan gadget yang tidak bisa lepas dari genggaman banyak orang. Fungsi dan manfaat yang begitu banyak membuat smartphone harus selalu aktif dan terhubung dengan internet.

Kinerja smartphone yang tidak pernah beristirahat ini bisa membuat smartphone kamu berumur smartphone pendek. Baterai cepat habis hingga performanya yang tidak lagi secepat dulu adalah kendala yang sering ditemui.
Hal ini bisa saja disebabkan karena beberapa aplikasi ini dikenal dapat menyerap baterai dan tenaga smartphone kamu. Bukan berarti tidak boleh digunakan, namun sebaiknya kurangi pemakaian aplikasi ini jika ingin smartphone kamu tidak cepat habis baterai atau lemot. Apa saja?
1. Facebook
Facebook merupakan media sosial yang ‘wajib’ dimiliki oleh setiap orang. Dibandingkan dengan media sosial lainnya, bisa dibilang Facebook memiliki fitur dan konten yang paling lengkap. Mengirim pesan, video, artikel, atau foto bisa dilakukan semuanya di sini. Maka tak heran jika aplikasi ini cukup menguras baterai dan kuota.
Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan Facebook lewat smartphone atau kamu juga bisa membuka aplikasi ini via browser.
2. BBM
Aplikasi chat biasanya tidak terlalu menguras baterai dan tenaga smartphone. Namun, berbebeda dengan BBM. Aplikasi chat ini memakan RAM yang cukup besar dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya. Menurut beberapa sumber, pemakaian RAM oleh BBM adalah salah satu penyebab baterai cepat habis.
3. Maps
Salah satu fitur/aplikasi penting yang dimiliki oleh smartphone adalah sistem navigasinya. Kini, aplikasi seperti Google Maps atau Waze selain bisa menujukkan arah, aplikasi ini pun mampu menunjukkan kondisi lalu lintas real time. Tak heran jika aplikasi ini cukup menguras baterai dan kuota.
Untuk bisa mengirimkan data real time kepada penggunanya, aplikasi ini bisanya secara terus menerus mengirimkan data. Sebaiknya hanya gunakan aplikasi ini untuk mencari alamat atau ketika tersesat.
4. Aplikasi Cuaca
Tidak banyak orang yang sadar apabila smartphone mereka otomatis terhubung dengan aplikasi ramalan cuaca. Meski terkadang dibutuhkan, namun aplikasi ini tidak perlu terus menerus aktif. Sama seperti aplikasi navigasi, untuk dapat mengetahui kondisi cuaca terkini, aplikasi ini memperbaharui datanya real time. Maka, tidak heran jika aplikasi ini cepat menguras kuota dan batrerai.
5. Email
Aplikasi email ternyata bisa membuat smartphone kamu cepat kehabisan kuota dan baterai. Aplikasi email di smartphone selalu melakukan sinkronisasi data dari server. Dengan begitu aplikasi tersebut selalu men-download data terbaru setiap waktu. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan fitur tersebut dan hanya mendapatkan email masuk ketika sedang membuka aplikasinya saja.

Share Di Facebook
Share Di Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Aplikasi Yang Membuat Smarthphone Lelet !

0 comments:

Post a Comment